Artikel Terkini

Apa Itu Ailurophobia (Ketakutan Pada Kucing) ?


Kucing adalah sahabat dekat manusia, dengan berbagai bentuk tubuh, warna, pola warna, kemanjaan dan sifat bersahabat kucing lainnya membuat kucing menjadi salah satu hewan peliharaan favorit manusia. Namun bagi sebagai orang, kucing justru menjadi hewan yang sangat menakutkan dan bahkan ketakutan ini sampai pada tahap phobia.

Apa Itu Ailurophobia (Ketakutan Pada Kucing) ?
Apa Itu Ailurophobia (Ketakutan Pada Kucing) ?
Credit Pic : SUMBER


Seramai 20% orang  di dunia mengalami perasaan takut yang luar biasa terhadap binatang. Ketakutan terhadap kucing merupakan salah satu yang paling umum. Perasaan ketakutan yang luar biasa terhdap kucing ini dikenal dengan Ailurophobia, yang berasal dari bahasa Yunani yang berarti ailouros yang berarti kucing dan phobos yang berarti ketakutan.


Apa Itu Ailurophobia (Ketakutan Pada Kucing) ? 


Ailurophobia bukanlah masalah yang ringan kerana orang yang memiliki phobia ini dapat berdampak dan mempengaruhi kehidupan hariannya. Sebahagian besar phobia ini muncul akibat daripada pengalaman masa kecil yang amat menakutkan yang pernah dialami oleh seseorang itu sendiri dan pengalaman ini terpalit dalam fikirannya dan terbawa sampai memasuki usia dewasa. Sebagai contoh seorang anak yang pernah dicakar atau digigit kucing dapat saja berkembang manjadi trauma dan rasa ketakutan ini berkembang menjadi Ailurophobia.

Jadi sebenarnya Ailurophobia tidak saja dapat timbul dari pengalaman buruk masa lalunya yang terkait dengan kucing, namun dapat juga timbul dengan melihat reaksi orang yang ketakutan terhadap kucing. 

Orang yang mengalami Ailurophobia biasanya dapat dilihat melalui reaksi paniknya jika bertemu dengan kucing. Di samping itu biasanya orang yang mengalami kelainan ini berusaha menghindari daripada didekati dengan kucing.

Biasanya orang yang mengalami phobia Ailurophobia akan cepat-cepat lari dari didekati kucing dan memperlihatkan tingkah laku mempertahankan diri seolah olah akan diserang oleh kucing tersebut. Tingkah laku ketakutan ini biasanya diikuti dengan jantung berdenyut lebih cepat, gemetar, sakit dada, pusing, mual dan merasa tercekik.

Orang yang mengalami Ailurophobia ini selalunya akan melakukan apa-apa saja tindakan agar tidak bertemu dengan kucing, seperti misalnya menyeberang jalan secara tergesa-gesa dan melompat. Reaksi ini sering kali diperlihatkan oleh orang yang mengalami Ailurophobia akibat dari reaksinya yang berlebihan.

Orang yang mengalami phobia ini juga mencuba untuk tidak menonton filem atau siaran TV yang dikaitkan denga watak kucing dalam tayangannya atau menghindari berkunjung ke tempat yang di rumahnya ada kucing.


Bagaimana Cara Mengatasinya?

Para pakar menganjurkan beberapa tindakan untuk membantu Ailurophobia ringan seperti:

Pertama melatih orang yang mengalami Ailurophobia untuk lebih lama mendekati dengan kucing seperti mulai dari memandang kucing dari jarak jauh, kemudian memandang gambar kucing, mulai menyebut nama kucing dan seterusnya mencuba berjalan berdampingan dengan kucing. Tindakan ini perlu dilakukan dan dilatih secara bertahap dan berulang berkali kali untuk membiasakan diri agar perasaan takut itu secara perlahan-lahan berkurangan.

Selanjutnya dianjurkan untuk mengurangi tindakan menghindari kucing atau tindakan proteksi yang berlebihan yang selama ini biasa dilakukan dilakukan. Dalam melakukan terapi ini dianjurkan mengajak teman atau anggota keluarga, atau dapat saja meminta bantuan terapis professional.

Salah satu tindakan yang juga dianjurkan untuk dilakukan adalah mengubah dari cara berpikir dan pandangan terhadap kucing yang selama ini dimilikinya seperti kucing itu menakutkan, percaya bahwa kucing  akan mendatangkan bahaya dan dugaan prasangka buruk lainnya yang akan dapat dilakukan oleh kucing terhadap dirinya, menjadi hal hal yang lebih bersifat realistik.

Perlu diakui bahawa Ailurophobia itu tidak ada ubatnya yang dapat menghilangkannya secara cepat. Jadi jika kita memiliki phobia ini percayalah bahawa melalui latihan bertahap phobia ini dapat disembuhkan asalkan kita mau mulai melatihnya.


SUMBER

Baca Juga : Asal Usul Penciptaan Peti Ais Yang Jarang Orang Ketahui

No comments:

Post a Comment